Selamat datang di Kumpulan Artikel Kesehatan

Membayangkan Makanan Enak Saat Diet Tak Dilarang, Malah Dianjurkan

Rabu0 komentar


 Banyak orang takut membayangkan makan enak saat sedang menjalankan program diet karena takut tergoda untuk menyantapnya. Padahal tak perlu khawatir, membayangkan makan enak justru banyak manfaatnya bagi yang sedang ingin langsing.

Hanya dengan memikirkan makanan enak seperti makanan manis dan berlemak, seseorang bisa menurunkan berat badannya dengan lebih cepat dibandingkan cara lain. Tentu saja, asal hanya membayangkan dan tidak benar-benar dipraktikkan dalam kehidupan nyata.

Kuncinya adalah pada aktivitas mengingat makanan tersebut, bukan pada rasa enak atau tidaknya. Makin sadar dan selalu mengingat apa saja yang pernah dikonsumsi, seseorang akan semakin fokus pada program dietnya sehingga justru cenderung lebih disiplin.

Para ilmuwan yang juga menelusuri hasil-hasil penelitian terdahulu mengungkap, mengingat dan membayangkan makanan bukan satu-satunya cara. Cara lain untuk selalu ingat apa yang dimakan antara lain dengan membuat catatan harian tentang makanan apa saja yang dikonsumsi.

"Jika kamu mengingatkan orang apa saja yang sudah dimakan seharian, itu membantu mereka untuk cepat kenyang dan tidak lapar lagi karena sadar efek makanan bagi tubuhnya," kata Dr Eric Robinson dari Liverpool University yang melakukan penelitian tersebut seperti dikutip dari Daily Mail, Senin (1/4/2013).

Selain itu, penelitian ini juga mengungkap bahwa seseorang yang tidak fokus saat makan kurang menyadari apa yang dimakan sehingga porsinya cenderung lebih besar. Karena itu, tidak dianjurkan makan sambil menonton televisi atau bekerja di depan komputer karena bikin tidak fokus.

"Nonton TV saat makan sejak lama dikaitkan dengan kegemukan, tetapi orang mengasumsikannya hanya karena tidak pernah olahraga. Saat nonton TV, pikiran kita teralihkan sehingga tidak memperhatikan apa yang kita makan," kata Dr Robinson yang mempublikasikan temuannya di American Journal of Clinical Nutrition ini.
(up/vta)



Share this article :

Posting Komentar

Kesehatan Umum

Info Sehat

Kesehatan Anak

Tips Kehidupan Sehari Hari

Serba serbi Kuliner

 
Bisnis Online : Produk Pasutri | Formula Bisnis | Solusi Perkasa | Jus Manggis | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Artikel Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger