Selamat datang di Kumpulan Artikel Kesehatan

Bumil Disarankan Makan Ini agar Anak Tak Gampang Alergi

Senin0 komentar






Pasti sudah banyak yang tahu apa itu probiotik. Kandungan utama dalam yoghurt dan produk susu ini terkenal sebagai 'bakteri baik' yang tentu saja menyehatkan pencernaan. Tapi baru-baru ini sebuah studi menemukan probiotik juga bisa mencegah alergi pada anak sejak masih dikandung ibunya.

"Berdasarkan temuan kami, probiotik memiliki efek perlindungan terhadap alergi, tapi kami masih perlu mendalaminya lagi sebelum merekomendasikannya kepada publik," tandas Dr. Erick Forno dari Children's Hospital of Pittsburgh.

Logikanya, probiotik dikenal sebagai penyeimbang bakteri yang hidup di dalam usus dan saluran pencernaan. Padahal bakteri dalam usus dan saluran pencernaan inilah yang memegang kendali kesehatan sistem kekebalan, sehingga konsumsi probiotik dianggap peneliti mampu membantu menopang sistem imun yang sehat.

Apalagi selama ini alergi dan asma diketahui akibat dari respons imun yang terlalu sensitif. Untuk itu peneliti melakukan sejumlah percobaan agar bisa mengetahui seberapa besar dampak suplemen probiotik terhadap kedua kondisi tersebut.

Dalam percobaan, peneliti menggunakan suplemen probiotik yang berbentuk pil karena dosisinya lebih mudah dikontrol. "Tapi bukan berarti probiotik dalam yogurt atau susu tak sama efektif," timpal Forno seperti dilansir Reuters, Senin (26/8/2013).

Kemudian tim peneliti menganalisis hasil dari 25 percobaan yang percobaan membandingkan kondisi ibu dan bayi-bayinya yang secara acak diminta untuk mengonsumsi probiotik atau suplemen plasebo. Peneliti mengamati kondisi ibu dan bayi sejak masa kehamilan atau di tahun pertama si bayi.

Setiap partisipan diberi dosis probiotik harian, kendati pada beberapa kasus ada juga partisipan yang diberi dosis beberapa bulan sekali atau tahunan. Setelah itu melalui tes khusus dilihat apakah partisipan anak dalam studi ini positif terkena alergi dan asma atau tidak. Para orangtua juga diberi kuesioner untuk melaporkan kondisi kesehatan anaknya.

Hasilnya, bayi yang terpapar probiotik di dalam kandungan dan menerima suplemen yang sama setelah lahir berisiko 12 persen lebih kecil untuk terkena alergi beberapa bulan/tahun kemudian bila dibandingkan dengan anak-anak di kelompok pembanding. Namun risiko alerginya tak menurun ketika bayinya baru diberi probiotik setelah lahir.

Sayangnya dalam jurnal Pediatrics, peneliti mengaku tak menemukan perbedaan nyata terkait risiko asma anak-anak yang diberi probiotik sejak dalam kandungan.

http://health.detik.com/read/2013/08/26/100347/2340208/1299/bumil-disarankan-makan-ini-agar-anak-tak-gampang-alergi?l991101755
Share this article :

Posting Komentar

Kesehatan Umum

Info Sehat

Kesehatan Anak

Tips Kehidupan Sehari Hari

Serba serbi Kuliner

 
Bisnis Online : Produk Pasutri | Formula Bisnis | Solusi Perkasa | Jus Manggis | Pusat Promosi
Copyright © 2011. Artikel Kesehatan - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Modify by CaraGampang.Com
Proudly powered by Blogger